<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d6722926490425012293\x26blogName\x3dA+step+to+the+future..\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://flexible-niji.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://flexible-niji.blogspot.com/\x26vt\x3d6789534773487597634', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
Thursday, August 14, 2008

Evaluasi OBM a la gw..



yang namanya orientasi belajar mahasiswa alias OBM selalu bikin gw sukses tidur sore saking capenya.. eniwei sebenernya gw pengen bikin ini nanti, setelah OBM berakhir.. tapi tangan ini gatal tal tal pengen nulis! :P

hari pertama, kelas CL (colaborative learning) di FH. fasilitatornya calon dosen gw di ilmu komunikasi. orang ini memposisikan dirinya bersebrangan dengan pihak UI. kerjanya mengkrtisi kebijakan, birokrasi, bahkan materi CL/PBL yang dianggapnya jauh kurang, dibandingkan dengan dirinya yang sudah sampai ke PBL plus.

beliau memamerkan tulisan-tulisannya yang dimuat di sejumlah surat kabar, bercerita tentang banyak hal, termasuk bobrok2nya kampus kita sendiri ini. emang sih kedengarannya sedikit mengganggu karena beliau berbicara cukup intens dengan berkali-kali pengulangan dan penekanan, termasuk peringatan agar kami maba membedakan kritik untuk fasilitator dan materi OBM. :P

intinya sih beliau ini cukup narsis dan sangat sangat suka suka bercerita.. yang selalu beliau tekankan, bahwa dirinya punya SOLUSI. termasuk dengan "pria dan wanita berduaan bukan muhrim tidak boleh berada di ruang tertutup dan tempat sepi" sebagai solusi cerdas dari masalah maraknya pergaulan bebas dan tingkat aborsi yang terus meningkat.

lumayan sebenernya. tapi gw terkantuk-kantuk.. cuman melek kalo lagi kumpul per kelompok. lumayan, ngobrol2, ketawa2.. apalagi kalo anak2nya dapet yang seru~ :P

hari kedua, kelas CML (computer mediated learning) dan IL (information literacy).

CML gw dapet di perpustakaan pusat. ini sih gak bete, soalnya mainannya sama komputer.. hehehe.. fasilitatornya juga mahasiswa jurusan psikologi. satu cowok dua cewek. yang sial, gw kan males tuh buka account ID gw gara2 fotonya ancur, gw bilang ke si ami gw ganti password kapan2.. eh temen gw itu malah ngadu ke kak arif si fasilitator..

"kak.. temen saya nih ga mau gantian!"

nah si fasilitator salah paham, dikiranya gw tipikal anak SD yang maunya main sendiri gak mau gantian! kunyuk :P

"kamu, gantian donk sama temennya.. biar sama2 pinter, ga kamu sendiri doang~"
GUBRAKSS!!

yang rame pas buka forum sama disuruh kirim email ke kakak fasilitator pakai webmai ui.edu. email yang diterima kan terpampang di LCD besar, lucu lucu aja~ gw sama temen sekomputer gw si ami yang dari teknik kapal, ngirim email nanya letak kamar mandi.. :P

setelah kelas CML, gw ke FASILKOM buat lanjut IL. sebelumnya makan sama sholat dulu. eya, musola fasilkom sempit abis, beda jauh sama musola FIB, FE, FISIP.. gw solat ampe ga bisa napes! sadis!! >_<

bagian IL ini.. SANGAT MEMBOSANKAN. semua terkantuk-kantuk, apalagi gw.. inti dari kelas ini sih ngajarin kita gimana cara memanfaatkan perpustakaan.. :P
fasilitatornya dua orang, satu bapak-bapak ditemani seorang (mungkin) ibu muda yang lebih pantes jadi guru TK. hahaha, lagian ice breakingnya ala anak TEKA abis~


hari ketiga, kelas LS (learning skill) di FEUI. NAH INI RAMEE~ fasilitatornya dua mahasiswi cantik dari psikologi. ngebawain materinya juga asik. ice breakingnya seru, gak kaya anak teka lagi. gw inget, games pertama, disebutin kategori lalu berkumpul dengan teman-teman sekategori, minimal 3 orang, maksimal 5. kategori terakhir yang disebutkan..
KUMPUL BERDASARKAN JUMLAH MANTAN PACARR!!!

gw langsung ngibrit ke barisan orang dengan jumlah mantan pacar ENOL. ternyata banyak juga :P
jumlah mantan pacar terbanyak diraih oleh Anu dan Gisca dengan nominal TUJUH. T-U-J-U-H. XP

ada juga games yang udah sering sebenernya, 2 pohon dan 1 kelinci. dengan instruksi 'kebakaran', 'gempa', dan banjir'.. yang ini kakak2nya ikutan maen.. :P gilak, tereak2, lari2an ampe GERAH..

kelas LS juga banyak kumpul2 kelompok, banyak ketawa2.. :P maba juga diajarin berpikir kritis, mandiri, dan sifat-sifat baik lainnya.

hari keempat gw balik ke FH buat kelas PBL, dengan fasilitator yang sama. si pak dosen, yang ternyata masih suka curhat.. hehehehe. as always beliau cerita betapa dirinya tidak didengar oleh UI, bahwa gagasan2 briliannya menemui jalan buntu untuk bisa diterapkan. bahwa yang muda belum didengar, sudah tua pun belum tentu didengar :P

demikian cerita OBM dari gw sampai hari keempat ini. masih dua hari lagi! huhuhu.. CAPEE~


Nisa Syahidah's Handwriting :) 6:55 PM 2 comments
*_______________________________________________________________________*


Welcome!


The Blogger

Nisa Syahidah aka Niji aka Nitchy aka Jibang :P



Blogwalking


| Emir Hartato |Edwar Andiko | Andarini Ekaputri | Dimaz Prasetya | Solidartas Anak Jalanan Untuk Demokrasi (SALUD)


Contact me!




online now

My Friendster

Nisa 'Niji' Syahidah's Facebook profile




History


July 2008
August 2008
September 2008
November 2008



Previous Posts





Designed by islenska | Blogger | Blogskins